Tempuyung, Manjur Buat Mengatasi Kencing Manis

oleh Klampis Ireng pada 11 Desember 2010 jam 23:12

 

Tempuyung (Sonchus arvensis L.), adalah satu jenis tumbuhan liar yang masuk dalam famili Asteraccae (Compositac). Terkadang, tumbuhan ini juga dijadikan sebagai tanaman hias karena keindahan bentuk daun dan bunganya. Tidak sedikit yang sengaja menanam Tempuyung karena percaya akan khasiat tanaman ini. Bahkan, meskipun dianggap sebagai tanaman liar, yang tumbuh di tempat lembab dan kontak langsung dengan matahari, Tempuyung termasuk yang jarang dibuang atau dibersihkan.

Tempuyung tumbuh liar di tempat terbuka yang terkena sinar matahari atau sedikit terlindung, seperti di tebing-tebing, tepi saluran air, atau tanah terlantar. Tumbuhan yang berasal dari Eurasia ini bisa ditemukan pada daerah yang banyak turun hujan pada ketinggian 50 – 1.650 m dpl. Terna tahunan, tegak, tinggi 0,6 – 2 m, mengandung getah putih, dengan akar tunggang yang kuat. Batang berongga dan berusuk. Daun tunggal, bagian bawah tumbuh berkumpul pada pangkal membentuk roset akar. Helai daun berbentuk lanset atau lonjong, ujung runcing, pangkal bentuk jantung, tepi berbagi menyirip tidak teratur, panjang 6 – 48 cm, lebar 3 – 12 cm, warnanya hijau muda.

Daun yang keluar dari tangkai bunga bentuknya lebih kecil dengan pangkal memeluk batang, letak berjauhan, berseling. Perbungaan berbentuk bonggol yang tergabung dalam malai, bertangkai, mahkota bentuk jarum, warnanya kuning cerah, lama kelamaan menjadi merah kecokelatan. Buah kotak, berusuk lima, bentuknya memanjang sekitar 4 mm, pipih, berambut, cokelat kekuningan. Ada keaneka-ragaman tumbuhan ini. Yang berdaun kecil disebut lempung, dan yang berdaun besar dengan tinggi mencapai 2 m disebut rayana. Batang muda dan daun walaupun rasanya pahit bisa dimakan sebagai lalap. Perbanyakan dengan biji.

Sebagai tumbuhan yang tersebar luas di berbagai wilayah maka Tempuyung juga dikenal dengan beberapa nama. Nama-nama itu antara lain Jombang, j. lalakina, galibug, lempung, rayana (Sunda).; Tempuyung (Jawa).; Niu she tou (China), laitron des champs (Perancis).; Sow thistle (Inggris).

Selain sebagai obat untuk Kencing Manis (Diabetes), tanaman ini juga sangat ampuh sebagai obat Batu saluran kencing, batu empedu, disentri, wasir, rematik goat (asam urat), Radang usus buntu (apendisitis), radang payudara (mastitis), bisul, Beser mani (spermatorea), darah tinggi (hipertensi), luka bakar, Pendengaran kurang (tuli),dan memar.

Tempuyung mengandung unsur kimiawi antara lain oc-laktuserol, P-laktuserol, manitol, inositol, silika, kalium, flavonoid, dan taraksasterol.

Sebagai tanaman obat untuk mengatasi penyakit Kencing Manis (Diabetes), Tempuyung bisa digunakan tanpa tambahan tanaman atau bahan lain. Cukup rebus tanaman ini (semua bagian tumbuhan; daun, batang, dan bunga) dengan 500 cc air, didihkan hingga tinggal <span>+</span> 300 cc. Saring dan bagi menjadi 3 bagian, masing-masing 100 cc untuk diminum tiga kali sehari pagi, siang dan malam. Ulangi terus selama 2 minggu. Insya Allah Kencing Manis akan sembuh dan kembali normal.

Jika menginginkan proses penyembuhan Kencing Manis Anda tuntas, Anda bisa menggunakan racikan kami, Jamu Jawa Klampis Ireng, khusus untuk Kencing Manis. Kami memadukan tempuyung dengan sekitar 40 jenis tanaman obat lain, sehingga khasiatnya sangat ampuh dan nyata.

Tidak hanya kombinasi (racikan) jamu yang komplit, tetapi kami memiliki motto “Jamu Manjur dengan Harga Murah”, memang benar-benar menjualnya dengan harga sangat murah hanya Rp 15.000 per pak. Agar harga tidak melambung, kami memang sengaja mengemas racikan jamu Kencing Manis ini dengan kemasan plastik bening. Sebab, kami tidak menjual kemasan, tetapi menjual jamu. Hanya, sementara kami hanya bisa mengirim ke Alamat Anda jika pemesanan minimal 5 pak dan ditambah dengan ongkos kirim.

Untuk pemesanan bisa hubungi Jamu Jawa Klampis Ireng 0818 412 673 atau 021-7183945 (Joko S)



  1. Tolong, saya butuh tanaman tempuyung untuk batu ginjal. Boleh saya minta alamat dimana dpt memperoleh tanaman tempuyung. Terima kasih…
    Tolong email saya ke aristina_haria@yahoo.co.id

  2. Hariyanto Nasution saya senang bisa membantu Anda. Kami menyediakan jamu rebus dan kapsul, keduanya memiliki komposisi yang sama. Pada dasarnya baik DM kering maupun basah bahan herbal yang digunakan sama. Jika mau silahkan transfer ke rekening BCA an Rup

    Mohon dibantu untuk pengobatan DM kering bagaimana caranya, saya alamat di Surabaya Jl. Sidoardjo Gedangan, Perumahan Puri Surya Jaya Nagoya Grand E1/44 Jawa Timur
    Tlp. 0853 546 275 12 ; Email : yanto.nasution@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s