Tanaman Obat

Alam Menyediakan Obat Murah

Tanaman berkhasiat obat dan lebih dikenal dengan jamu atau herbalisme telah digunakan sejak ribuan tahun lalu oleh dokter maupun sebagai jamu tradisional. Saat ini tanaman berkhasiat obat tidak semata terbatas pada pengobatan tradisional atau jamu, tetapi juga dipercaya oleh pengobatan modern. Meskipun begitu, sebagai pengobatan tradisional tetap memegang posisi penting. Bahkan, pengobatan Timur bisa dikatakan sebagai pengobatan jamu.

Pengobatan tradisional dengan jamu pada dasarnya adalah pengobatan paripurna. Pada sistem pengobatan ini, pasien tidak semata dipandang sebagai obyek, tetapi subyek. Juru racik atau herbalis harus melihat si pasien sedemikian rupa, seolah pasien adalah dirinya. Setiap pasien akan ditangani secara berbeda dengan pasien lain. Dan karenanya tidak kecil kemungkinan pasien satu dengan lainnya akan diberi ramuan tanaman obat (jamu) berbeda, meskipun jenis penyakitnya sama berdasarkan pengobatan modern kedokteran.

Sebagai cara pengobatan paripurna, para juru sembuh atau herbalis akan memandang manusia sebagai manusia seutuhnya. Gangguan pada satu sistem tubuh akan menyebabkan ketidakseimbangan di bagian lain, hal ini yang menyebabkan rasa sakit. Untuk menghilangkan atau mengobati rasa sakit keseimbangan bagian dalam tubuh harus dilakukan terlebih dahulu. Ketidakseimbangan bagian dalam tubuh dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor-faktor itu antara lain emosi, cuaca, dan pola hidup.

Faktor-faktor penyebab ini hampir sama dengan teknik pegobatan Cina tertua yakni akufunktur. Keseimbangan tubuh dalam harus dikembalikan terlebi dahulu untuk menyembuhkan penyakit.
Tanaman obat sangat diyakini dapat mengembalikan fungsi-fungsi organ dalam tubuh sehingga keseimbangan dapat kembali. Pengenalan berbagai tanaman obat dapat mempercepat proses penyeimbangan tubuh dan penyakit akan hilang.

Jamu atau tanaman obat banyak tersebar di sekitar manusia. Pengenalan jenis dan fungsi setiap tanaman yang berkhasiat obat akan mempermudah pemanfaatannya untuk pengobatan. Karenaya, pengobatan dengan cara ini terhitung paling murah di dunia.

Bahkan ada satu teori, yang tidak berkaitan dengan dunia pengobatan modern dan lebih bersifat keyakinan, tanaman obat selalu tersedia di sekeliling penderita suatu penyakit. Obat bagi si penderita selalu tersedia di sampingnya. Jadi tidak perlu mencarinya jauh-jauh. Dia hanya perlu berkonsultasi dengan orang yang ahli dalam meramu jamu.

Yang perlu diingat tujuan penyembuhan dengan jamu adalah untuk penyembuhan alami dan mengembalikan kesehatan penderita ke kondisi berimbang, bukan hanya menghilangkan gejala.

Untuk memanfaatkan kekayaan alam, yang ada di sekitar kita, perlu sedikit pengetahuan. Pengetahuan tersebut berkaitan dengan manfaat dari sebuah tanaman atau benda di sekitar. Pengetahuan itu bisa diperoleh dari buku-buku tanaman obat yang sudah banyak sekali terbit. Bisa juga bertukat pengetahuan dengan orang yang telah memanfaatkannya. Yang saya sarankan adalah membuka situs pengobatan alternatif HTTP://www.klampisireng.com. Pada situs tersebut terdapat berbagai macam pengobatan, terutama menggunakan tanaman di sekitar kita, termasuk juga perdu di depan rumah yang selama ini tidak kita perhatikan. Juga dengan beberapa binatang kecil yang selama ini juga kita basmi.

Sabagai bakti bagi masyarakat, yang selama ini terlalu ramah dan berbaik hati padanya, Klampis Ireng juga menyediakan berbagai racikan jamu tradisional Jawa dengan harga sangat murah. Meskipun murah dijamin sangat berkhasiat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s