Manfaat Bidoro Upas

Bidara upas adalah tumbuhan umbi-umbian yang merayap atau membelit yang panjang tingginya dapat mencapai 3-6 m. Daunnya berbentuk bulat telur melebar, dengan pangkal berbentuk hati.

Umbinya mirip kentang, dan berbeda dengan areuy carayun (Merremia peltata) yang satu genus dengannya. Umbi bidara upas berkumpul hingga 6-7 buah dan beratnya dapat mencapai 5 kg atau lebih seumpama tumbuh di tanah kering, gembur, dan tidak tergenang air.

Warna kulit umbinya kuning kecoklatan, kulitnya tebal bergetah warna putih, bila kering warnanya menjadi coklat. Tanaman merambat yang di beberapa daerah dikenal dengan nama lokal Blanar, widara upas (Jawa), hailale (Ambon).

Perbungaannya majemuk, yakni sejumlah 1-4 kuntum, membentuk payung, berwarna putih, dan apabila menjadi buah, kelopaknya tidak gugur. Bijinya berwarna kelabu sampai hitam, dengan pinggirannya yang berbulu kecoklatan.

Tumbuhan bidara upas, yang juga dikenal dengan istilah tanaman seribu khasiat, yang dijadikan obat adalah umbinya. Sayangnya, tumbuhan ini tidak dapat dijadikan makanan/sumber karbohidrat.

Umbi tumbuhan, yang bentuknya mirip dengan umbi jalar ini, bersifat sejuk, analgesik, dan bisa menetralkan racun.

Bidara upas dapat menyembuhkan afeksi tenggorokan dan organ pernafasan. Getah dari tumbuhan ini juga mengandung resin dan zat oksidase, yang kemungkinan itulah dapat menyembuhkan penyakit organ pernafasan. Kandungan zat oksidase pada getah segar Bidara Upas juga memiliki peran dalam pengobatan kanker alternatif.

Secara turun temurun, di hampir seluruh Jawa rebusan umbi bidara upas digunakan untuk menyembuhkan penyakit tuberkolosis. Setelah diadakan percobaan, bidara upas dapat menyembuhkan penyakit tuberkolosis dan tidak menyebabkan kematian kepada hewan yang diujicobakan, yakni mencit.

Selain itu pula, bidara upas adalah tumbuhan yang diketahui dapat mencegah penggandaan virus HIV, walau demikian, tumbuhan ini tidak dapat menghilangkan virusnya.

Bidara upas diketahui mengandung polifenol, triterpenoid, terpenoid, dan flavonoid. Kandungan kimia Damar, resin, pati, zat pahit. Getah segar mengandung zat oxydase (Anonim, 2005). Dalam pengobatan tradisional, umbi Bidara Upas sering digunakan terapi pengobatan kanker. Kandungan zat oksidase pada getah segar Bidara Upas juga diduga memiliki peran dalam pengobatan kanker alternatif.

Manfaat Umbi Bidoro Upas selain yang diuraikan di atas secara tradisional digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit lain. Berikut manfaat Bidoro Upas sebagai : Laktagog, Antiinflamasi, Antipiretik, Demam, batuk, serak.
Juga sebagai difteri, radang tenggorok, radang paru, radang usus buntu.Typhus, sembelit, buang air besar darah dan lendir. Bahkan sangat manjur untuk mengobati muntah darah, kencing manis (DM), batu kandung kemih, keracunan makanan, gigitan ular, kanker, kusta, dan syphilis (Lues).

Pada racikan Obat Tradisional Jawa Klampis Ireng, Bidoro Upas selalu menjadi andalan racikan. Kami menyediakan berbagai racikan berbasis Bidoro Upas seperti untuk Radang tenggorokan, Kista, Kanker, Diabetes dan lain sebagainya. Harga Obat Tradisional kami antara Rp 25.000 – Rp 45.000 per bungkus. Juga tersedia kapsul dengan harga Rp 50.000 per botol (isi 50 kapsul).

Kami juga menyediakan kapsul khusus Bidoro Upas (100%) murni dengan harga Rp 50.000 per botol.

Untuk keterangan dan pemesanan hubungi 0818 412 673 atau add BB pin:2A3DB5F4. Atau kunjungi web site kami di: http://www.klampisireng.com atau https://ahlijamu.wordpress.com.

Posted from WordPress for BlackBerry.

About ahlijamu

Saya adalah peracik jamu tradisional Jawa asli. Saya lahir di Klaten, sebelah Timur Gunung Merapi, dari keluarga pengobat tradisional.

Posted on September 17, 2013, in Jamu, Tanaman Obat. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s