Khasiat Rumput Teki

Rumput Teki (Cyperus rotundus .L) adalah rumput yang dapat hidup sepanjang tahun dengan ketinggian 10 sampai dengan 75 cm. Beberapa negara memberi nama tanaman ini : Musta, Mustaka, Mutha, Mothan, Nagamothan, Xiang Fu, Nutgrass, Tirirca, Tagernut, Hama-Suge, So Ken Chiu, Tage-Tage.

Teki biasanya tumbuh liar di kebun.Teki memiliki bunga berwarna hijau kecoklatan, terletak di ujung tangkai. Ciri khasnya terletak pada buah-buahnya yang berbentuk kerucut besar pada pangkalnya, kadang-kadang melekuk berwarna coklat, dengan panjang 1,5 – 4,5 cm. Daunnya berbentuk pita, berwarna mengkilat dan terdiri dari 4-10 helai, terdapat pada pangkal batang.

Pada rimpangnya yang sudah tua terdapat banyak tunas yang menjadi umbi berwarna coklat atau hitam. Rasanya sepat kepahit-pahitan dan baunya wangi. Umbi-umbi ini biasanya mengumpul berupa rumpun.

Rumput Teki sudah dikenal dalam pengobatan sejak ribuan tahun lalu. Tradisi pengobatan Cina memanfaatkan Teki, baik tunggal maupun dipadu dengan herbal lain, untuk mengatasi masalah perempuan, khususnya berkaitan dengan haid. Baik haid tidak teratur, sakit menjelang dan saat haid, flek hitam, atau bahkan infeksi rahim Sinse maupun Tabib Cina sangat mempercayai khasiat Teki.
Tidak hanya di pengobatan Cina tradisional, pengoibatan tradisional Timur lain seperti India dan Indonesia juga mempercayai khasiat Teki dan menggunakan Teki untuk pengobatan masalah perempuan. Bahkan pada pengobatan asli Indonesia, Teki digunakan sebagai bahan herbal penbyubur kandungan. Filosofinya, jika haid pereempuan bisa teratur dan tak ada gangguan rasa, maka rahim bisa dipastikan sehat. Jika rahimsehat maka indung telur juga akan sehat sehingga siap untuk dibuahi.

Dalam ramuan tradisional Indonesia, teki digunakan dalam bentuk campuran yaitu, dengan rebusan umbi teki bersama dengan rimpang jahe. Air rebusan itu diminum untuk mengatasi nyeri haid. Umbi ini juga digunakan untuk mengatasi kejang perut dan pelancar air seni (Diuretik).

Rebusan umbi teki sangat baik untuk penawar racun/antidotum berbagai bahan beracun. Umbi segar yang dihancurkan sehingga berbentuk pasta kerap digunakan sebagai bobok pada payudara Ibu yang sedang menyusui. Karena secara empiris terbukti efektif memperlancar pengeluaran air susu.

Umbi juga kadang digunakan untuk meningkatkan daya ingat.

Selain untuk mengatasi gejala sindroma pra menstruasi, pemanfaatan umbi teki terutama sekali untuk mengatasi gangguan pencernaan. Mengurangi kembung dan gas di lambung dan usus.

Umbi teki merupakan bahan obat anti muntah karena dapat menekan rasa mual, dan bermanfaat untuk mengurangi gejala morning sickness selama masa kehamilan, walaupun keamanan terhadap janin belum diketahui.

Dalam pengobatan alternatif modern, penggunaan umbi teki ditujukan untuk mengatasi muntah, demam dan radang, mengurangi rasa nyeri dan untuk mengurangi ketegangan otot.

Umbi teki juga mempunyai sifat-sifat sebagai antihelmintik (obat cacing), anti bakteri, astringensia. Efeknya yang menenangkan sangat membantu untuk mengatasi depresi. Teki juga dapat membantu pengobatan berbagai kanker mulut rahim.

Walaupun rasanya pahit, tetapi umbi teki mempunyai kandungan nutrisi yang cukup tinggi, sumber mineral dan traceelement (unsur tambahan) yang penting sehingga masyarakat sering memanfaatkannya sebagai bahan makanan.

Pengobatan yang dilakukan di KLAMPIS IRENG juga memanfaatkan Teki untuk pengobatan masalah perempuan, termasuk kanker mulut rahim dan kanker servic.

Untuk keluhan perempuan, baik pelancar haid, kanker rahim, kista, miom, kanker servic, KLAMPIS IRENG menyediakan racikab khusus dengan harga murah, hanya Rp 45.000 per bungkus racikan rebus atau Rp 75.000 untuk 1 paket kapsul.

Untuk informasi dan pemesanan hubungi 0818 412 673 atau BB pin:2A3DB5F4 dengan JOKO SETIATNO/Klampis. (Disarikan dari berbagai sumber)

Posted from WordPress for BlackBerry.

About ahlijamu

Saya adalah peracik jamu tradisional Jawa asli. Saya lahir di Klaten, sebelah Timur Gunung Merapi, dari keluarga pengobat tradisional.

Posted on Januari 21, 2013, in Tanaman Obat. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s